Selasa, 16 September 2014

Berbagai Macam Makanan Sehat Untuk Jantung

Kehidupan manusia tidak pernah lepas dari peranan sistem jantung. Oleh karena itu jantung disebut-sebut sebagai kunci sentral dalam kehidupan manusia. Di sisi lain, banyak orang yang mengabaikan kesehatan jantung mereka. Hal tersebut dapat tercermin dari tindakan-tindakan negatif yang dilakukan seperti merokok, konsumsi lemak dan kolesterol secara berlebihan, serta jarang berolahraga. Perilaku tersebut biasanya terjadi di kota-kota besar. Selain itu, radikal bebas juga merupakan salah satu sumber penyakit jantung. Menanggapi hal tersebut, kita harus sadar akan kesehatan serta memulai aktifitas positif yang menyehatkan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung. Penasaran dengan jenis makanan ini? Berikut ini merupakan ulasan menariknya.

Dalam beberapa hal, jenis-jenis makanan sehat memang akan sangat menguntungkan bagi tubuh kita.Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang baik bagi kesehatan jantung, beberapa diantaranya adalah;

Sayuran
Sayuran adalah salah satu jenis makanan yang baik bagi jantung. Dikatakan demikian karena sayuran mempunyai kandungan yang baik bagi jantung serta mempunyai kadar lemak yang rendah. Zat-zat seperti Folat, kalsium, kalium, magnesium dan mineral disebut-sebut mampu mengoptimalkan kerja jantung. Untuk jenisnya sendiri, pilihlah sayuran seperti selada, bayam dan lobak. Beberapa penelitian medis juga mengemukakan bahwa resiko penyakit jantung bisa berkurang sebesar 11 persen jika anda mengkonsumsi satu porsi sayur-sayuran, khususnya yang berdaun.

Minyak Zaitun
Walaupun berbentuk minyak, namun minyak zaitun termasuk kedalam jenis makanan sehat. Hali ini dikarenakan adanya kandungan polifenol yang bagus bagi sistem kerja jantung. Oleh karena itu, anda akan mampu menurunkan kadar LDL dengan cepat bila mengkonsumsi jenis makanan ini secara rutin. Di sisi lain, jenis minyak zaitun yang paling terkenal adalah jenis Extra Virgin.

Kacang Almond
Jenis makanan selanjutnya adalah kacang almond. Kandungan vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium dan zat besi merupakan kandungan yang terdapat dalam kacang almond. Kandungan tersebut terbukti secara klinis mempunyai lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi perkembaangan dan kinerja jantung.

Oat
Jenis makanan ini sebenarnya jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan oat sendiri seperti serat dan beta glucan diyakini mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Selain itu, jenis makanan ini juga memiliki rasa yang lezat. Di negara-negara barat, oat biasanya disajikan sebagai menu utama ketika sarapan.

Anggur merah
Anggur merah yang juga termasuk jenis buah-buahan diyakini mampu menyehatkan jantung karena kandungan flavonoid yang dimilikinya. Namun dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jenis buah ini terlalu berlebihan.

Secara keseluruhan, imbangi asupan jenis makanan tersebut dengan tetap mengedepankan olah raga secara teratur. Itulah ulasan menarik tentang beberapa jenis makanan sehat untuk jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar